Home » » 5 Calon Jaksa Agung Versi ICW

5 Calon Jaksa Agung Versi ICW

Presiden SBY diminta menunjuk Jaksa Agung pengganti Hendarman Supandji dengan orang-orang kredibel. Indonesia Corruption Watch (ICW) menggadang-gadang 5 nama yang dinilai layak memimpin Korps Adhyaksa.
Lima tokoh tersebut yakni Todung Mulya Lubis, Busyro Muqqodas, Bambang Widjojanto, Yunus Husein, dan Hakristuti Hakrisnowo. Nama mereka muncul sebagai hasil penjaringan saran dan masukan dari masyarakat.

"ICW tidak merekomendasikan nama dan tidak mengkampanyekan. Setidaknya lima nama itu yang yang layak," kata Emerson usai diskusi di Gedung Parlemen, Senayan, Jakarta, Jumat (24/9/2010).

Emerson juga meminta Presiden membuka bursa nama calon Jaksa Agung kepada masyrakat. Hal ini penting agar masyarakat juga bisa memberi masukan kepada Presiden terkait rekam jejak kandidat yang disebutkan.

"Agar dibuka bursa seluas-luasnya kepada masyrakat," kata dia.

Emerson mengatakan, ICW memang mendorong agar Jaksa Agung berikutnya berasal dari luar Kejaksaan alias non-karier. Alasannya, agar Jaksa Agung berikutnya bisa tegas terhadap kalangan internal Kejaksaan yang bermasalah, seperti yang tersangkut korupsi.

"Agar tidak ada eweuh pakeweuh. Kalau Jaksa Agung dari dalam, espirit de corps masih kental," kata Emerson. Dia menambahkan, Jaksa Agung mendatang hendaknya juga melakukan reformasi birokrasi lewat perbaikan remunerasi.

Artikel Menarik Lainnya: