Home » » Inilah Nama-Nama Buronan Teroris Medan

Inilah Nama-Nama Buronan Teroris Medan


Mabes Polri menetapkan empat  buron gembong teroris yang kini masuk tiga teratas dalam  pencarian  orang (DPO). Mereka,  menurut Kepala Polri Jenderal Bambang Hendarso Danuri memiliki keahlian sesuai bidangnya. " DPO  yang mengerakkan semua rangkaian itu adalah Musthofa alias Abu Tholut yang mendapat remisi" kata Kapolri Jenderal Polisi Bambang Hendarso Danuri dalam jumpa pers di Mabes Polri, Jumat 24 September 2010.


Muthofa alias Abu Tholut, menurut Kapolri, adalah orang yang sangat dicari. Ia adalah eks pelatih Askari Komandan Askary Jemaah Islamiyah. Alumni kelompok Jihad di Afganistan ini, juga pendiri Ubaidah  atau pendiri Kamp Militer di Filipina. Termasuk mendirikan pelatihan militer teroris di Janto, Aceh." Dialah yang mengatur semua rangkaian kegiatan  yang berjalan," kata Bambang Hendarso lagi.
Tholut, lelaki  berusia 48 tahun ini pernah ditangkap pada 2003, dan diganjar vonis 8 tahun, namun kemudian mendapat remisi 4 tahun, dan bebas pada 2007. 

Selain Abu Tholut, Kapolri juga menyebut nama Taufik Hidayat. Taufik disebut sebagai orang yang memimpin operasi perampokan di Bank CIMB Niaga, Agustus lalu. Merampas senjata M-16, Taufik juga menembak mati Brigadir Manuel Simanjuntak. "Dia yang membunuh anggota kami Brigadir Simanjuntak dan sampai sekarang  masih memegang senjata itu," kata Bambang seraya menambahkan, " Dia menjadi DPO, musuh bersama" .

Pelaku teror lainnya yang menjadi buron yakni Jefri alias Kamal. Jefrir adalah tersangka teroris   kelahiran Depok, Jawa Barat. Mantan Narapidana dalam pembuatan bom Cimanggis, Depok ini ikut  dalam aksi perampokan Bank CIMB Niaga. "Jefri ikut memfasilitasi kamp pelatihan di Aceh dan terlibat langsung dalam perampokan. Dia DPO penting," kata Kapolri.
Nama-nama lainya yakni Alex Cecep Gunawan yang merupakan eks veteran Poso dan ikut dalam kelompok radikal di Jawa Tengah. " Alex ikut bersama kegiatan perampokan di Sumatera Utara dan terlibat langsung perampokan Bank CIMB Niaga" ujarnya.

Artikel Menarik Lainnya: